Selamat Datang di Blog Desa Ko'olan - Blega - Bangkalan - Jawa Timur

SISTEM PEMBELAJARAN DI Yayasan Miftahul Ulum Baiturrahmah DESA KO’OLAN

SISTEM PEMBELAJARAN DI Yayasan Miftahul Ulum Baiturrahmah DESA KO’OLAN YANG MASIH KURANG TERHADAP MEDIA MATA PELAJARAN UMUM


Salah satu program kerja kelompok kkn 52 pada bidang pendidikan, berbicara tentang pendidikan kita semua pasti sudah tahu betapa pentingnya pendidikan tersebut. Pendidikan, pengetahuan, kemampuan merupakan salah satu modal yang kita miliki untuk hidup di zaman serba sulit ini. Mengapa dikatakan demikian ? pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik dan sesuai martabat manusia. Baiturrahmah tingkat MTS/SMP dan MI/SD.
Di desa Ko’olan kami berbagi ilmu di Yayasan Miftahul Ulum Baiturrahmah. Pada tingkat Mts kami mengajar beberapa mata pelajaran di kelas 7 hingga kelas 9. Di kelas 7 siswa mengalami kesulitan dalam menghadapi pelajaran, terutama pelajaran IPA. Pendidik sering menjumpai momok semacam ini pada siswanya ketika pembelajaran berlangsung. Tentu, hal ini menjadi kendala untuk mentransfer pengetahuan sepenuhnya kepada siswanya. Kesulitan semacam ini perlu segera diatasi lebih lanjut. Faktor yang biasanya terjadi yaitu karena guru lebih sering menjejali siswanya dengan materi yang banyak sehingga siswa tidak mampu menerimanya. Sistem kerja otak jika terlalu banyak menerima materi maka dapat menghambat kerja otak.
Dari permasalahan tersebut kami menginovasi proses pembelajaran lebih bermakna dengan menggunakan sel picture, media yang kami gunakan adalah gambar Sel pada tumbuhan dan hewan. Siswa sangat antusias ketika diberikan gambar perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan. Siswa MTs Al Mas’udiyah lebih mengerti materi sel dan tau perbedaan dari sel tumbuhan dan hewan.
Menurut guru mata pelajaran IPA di MTs Al Mas’udiyah “siswa disini sangat tertarik ketika teman-teman kkn 52 mengajar disini, siswa lebih termotivasi dengan suasana baru karena kehadiran teman kkn. Siswa juga lebih mengerti ketika teman kkn yang mengajar disini dengan menggunakan model pembelajaran inovatif berbantuan media”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar