Selamat Datang di Blog Desa Ko'olan - Blega - Bangkalan - Jawa Timur

Poskesdes

Poskesdes (Pos Kesehatan Desa)

Poskesdes (Pos Kesehatan Desa) merupakan bentuk kerjasama dinas kesehatan dengan desa yang termasuk dalam jenis pelayanan desa. Poskesdes di desa Ko’olan sendiri merupakan pelayan desa terbaru yang didirikan pada tahun 2014. Poskedes desa Ko’olan terletak di tengah pemukiman warga yang memungkinkan dapat dijangkau oleh warga dengan mudah. Poskedes desa Ko’olan sendiri memiliki satu bidan dan perawat yang merupakan pasangan suami istri yakni, Ibu Afi Sulfiana, S. St dan Bapak Septia Agus Sugianto Amd. Kep.
Poskesdes sendiri memiliki dua ruangan yakni, ruangan yang digunakan untuk pemeriksaan awal dan ruangan yang digunakan untuk rawat inap. Pemasukan obat-obatan poskesdes diperoleh dari bantuan dinas kesehatan dan kerja sama dengan pihak farmasi. Poskesdes memiliki kegiatan rutin yang dilakukan setiap setahun sekali dan kegiatan minggua.
Kegiatan tersebut adalah berupa kegiatan penyuluhan yang dilakukan setahun sekali, kegiatan tersebut dilakukan untuk memberi pengtahuan kepada warga mengenai penyebaran penyakit atau perihal kesehatan. Kegiatan mingguan di poskesdes sendiri terdapat du kegiatan yakni, posyandu lansia dan posyandu balita. Kegiatan posyandu dilakukan untuk memberikan imunisasi atau pemeriksaan rutin terhadap balita dan para lansia.
Untuk kepengurusan poskesdes desa Ko’olan sendiri memiliki struktur organisasi yang telah terbentuk adalah sebagai berikut.
Selama adanya pelayanan poskesdes, masyarakat desa Ko’olan merasa terbantu sebab hingga saat ini pelayanan poskesdes memberi kemudahan untuk hal kesehatan masyarakat setempat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar