Selamat Datang di Blog Desa Ko'olan - Blega - Bangkalan - Jawa Timur

Madrasah Diniyah

Gambar 1. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas I Madarasah Diniyah (MD) bersama ustadz Muhammad Afifudin (berdiri di depan)

       Madrasah Diniyah merupakan sekolah nonformal yang bertaraf islami, hari efektif pada sekolah ini diisi dari hari : sabtu, minggu, senin, selasa, rabu, kamis, sedangkan pada hari Jum'at pada Madrasah Diniyah diliburkan, untuk awal pembukaannya Madrasah ini menargetkan agar semua kelas terisi semua baik itu dari kelas satu sampai dengan kelas 6 sehingga dalam penyeleksian santri yang masuk di kelas-kelas ini harus di tes dahulu demi menentukan kelayakaan santri tersebut harus di tempatkan kelas-kelas tepat sesuai dengan ilmu dan pengetahuan yang santri ketahui.

Gambar 2. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas I Madarasah Diniyah (MD) bersama ustadz Febriyanto Firdaus (berdiri di depan)

      Madrasah Diniyah dalam kegiatan pembelajarannya disini ditempatkan bersama satu gedung dengan Madrasah Ibtidayah (MI) Miftahul Ulum, untuk Madrasah Ibtidaiyah kegiatan pembelajarannya dilaksanakan pada pagi hari yaitu jam 07.00 WIB sampai jam 12.00 WIB. dan untuk Madrasah Diniyah kegiatan pembelajarannya dilaksanakan pada sore hari yaitu jam 14.00 WIB. sampai jam 17.00 WIB.

Dalam kegiatan pembelajaran pada tiap kelas ini sangatlah menarik perhatian bagi siapa saja yang mengunjungi, pasalnya pembelajaran yang diisi disini adalah semuanya adalah pembelajaran tentang Agama Islam semua mulai dari kelas satu sampai kelas 6. Pada kelas dua diisi tentang hafalan tentang sholat, hafalan yang terjadi kelas ini ditekankan agar siswa fasih dan struktur hafalannya tidak terbolak balik dalam menghafal. Sedangkan pada kelas 6 terdapat mata pelajaran agama Islam tentang fiqh yang pembelajarannya disini menggunakan kitab yang terdapat bahasa arab beserta makna yang terkandung dalam bahasa arab tersebut, menariknya disini makna yang terkandung dalam dalam bahasa arab tersebut tertulis dengan tulisan latin arab yang berbahasa madura.

Sumber : Tim Redaksi KKN-04 UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA (Melalui pengamatan secara langsung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar